Kisah Sukses Beats, Headphone Senilai Rp 34,8 Triliun

http://us.images.detik.com/content/2014/05/30/319/trtdalam.jpgDr. Dre & Jimmy Iovine (gettyimages)


Jakarta - Dengan mahar senilai USD 3 miliar atau di kisaran Rp 34,8 triliun, Apple mengakuisisi perusahaan Beats Electronics. Pembelian Beats adalah aksi akuisisi Apple dengan nilai tertinggi sepanjang sejarah perusahaan yang didirikan Steve Jobs bersama Steve Wozniak ini.

Beats Electronics digawangi oleh musisi Dr. Dre serta rekannya, entrepreneur bernama Jimmy Iovine. Seperti apa kisah perjalanan Beats hingga akhirnya dicaplok Apple dengan harga yang begitu tinggi? Simak kisah singkatnya berikut ini.


1. Berdiri Tahun 2006


Menurut beberapa sumber, perusahaan Beats Electronics cikal bakalnya dimulai pada tahun 2006 oleh Dr. Dre dan Jimmy Iovine. Mereka kemudian bekerjasama dengan perusahaan Monster Cable yang ditunjuk untuk membuat produk headphone. Mosnter Cable dikontrak oleh Beats selama 5 tahun.


Debut produk pertama adalah headphone Beats by Dr. Dre Studio yang diluncurkan pada akhir tahun 2008. Untuk mempromosikan produknya, Beats melancarkan beberapa strategi seperti endorsment pada beberapa artis pop dan hip hop, menayangkan produknya di video musik dan berpartner dengan musisi atau selebritis dalam membuat produk.


2. HTC Beli Saham Beats


Pada bulan Agustus 2011, manufaktur smartphone asal Taiwan, HTC membeli 50,1% saham Beats senilai USD 309 juta, sehingga mereka menjadi pemilik saham mayoritas. Dengan akuisisi itu, HTC bebas membenamkan teknologi dan headphone Beats di sebagian produknya. Next


(fyk/rou)