Samsung Sudah Punya Dua Pabrik Ponsel di Vietnam

Jakarta - Sebagai raksasa elektronik dunia, Samsung membangun pabrik di beberapa negara. Khusus produk ponsel, negara tetangga Vietnam memang sudah cukup lama dipilih Samsung sebagai basis produksinya.

Dikutip detikINET dari Thanhniennews, Jumat (30/5/2014), produsen asal Korea Selatan itu saat ini telah memiliki dua pabrik besar di utara Vietnam. Terdiri dari pabrik seharga USD 2,5 miliar di propinsi Bac Ninh dan satu lagi pabrik di propinsi Thai Nguyen senilai USD 1,2 miliar.


Selain ponsel, kedua pabrik itu juga memproduksi tablet PC. Output produksi ponsel Samsung di Vietnam terhitung besar. Pabrik di Bach Ninh tercatat memproduksi sekitar 35% smartphone seri Galaxy yang dijual secara global. Sedangkan output di pabrik Thai Nguyen sebesar 100 juta per tahunnya.


Menurut Vietnamnet, pabrik di Bac Ninh adalah basis produksi terbesar Samsung nomor dua di dunia dan dinilai sangat menguntungkan. Pada tahun 2012, 97% output ponsel dari pabrik ini dijual ke lebih dari 50 negara.


Ya, jika Anda membeli smartphone merek Galaxy, coba buka casing belakang dan lepaskan baterainya. Besar kemungkinan Anda akan melihat tulisan bahwa ponsel tersebut diproduksi di Vietnam.


Samsung sepertinya puas dengan penempatan pabrik ponselnya di Vietnam. Buktinya, mereka telah menambah investasi senilai USD 2 miliar untuk membangun pabrik tambahan, yang ditargetkan memproduksi sedikitnya 40% smartphone Samsung ketika selesai sepenuhnya pada tahun 2015.


(fyk/ash)