Tenggelam 2 Tahun, Kamera Ini Masih Awet Simpan Foto

Jakarta - Jika sebuah kamera digital yang tidak didesain untuk tahan air jatuh ke dalam laut, apa yang biasanya terjadi? Kameranya berikut foto-fotonya kemungkinan besar akan rusak.

Mungkin itu juga yang terpikir oleh Paul Burgoyne saat kameranya jatuh ke laut, bersama dengan kapal yang ia tumpangi di tahun 2012. Kapal bernama Bootlegger itu tenggelam saat Burgoyne melakukan perjalanan sejauh 500 kilometer dari Vancouver ke Tahsis, British Columbia.


Seperti yang detikINET kutip dari CBC News, Selasa (27/5/2014), kamera milik Burgoyne itu ditemukan dua tahun kemudian oleh Isabelle M. Côte;. Ia adalah Profesor dari Simon Fraser University yang sedang melakukan penelitian di Aguilar Point, British Columbia.


Kamera yang ditemukan di kedalaman 12 meter itu memang sudah tak karuan bentuknya. Memory card yang terpasang di kamera itu adalah Lexar Platinum II berkapasitas 8GB, dan saat menghubungkan memory card tersebut ke komputer, ternyata foto-foto yang ada di dalamnya masih tersimpan dengan baik.


Cote memposting foto yang ada di dalam memory card tersebut ke Twitter dengan harapan bisa mengembalikan kartu memori tersebut ke pemilik aslinya.


Lalu foto tersebut itu dilihat dan dikenali oleh seorang anggota penjaga pantai Bamfield. Ia adalah salah satu anggota penjaga pantai yang dulu menolong Burgoyne saat kapalnya tenggelam. Ia juga yang kemudian memberi tahu sang pemiliknya mengenai keberadaan memory card tersebut.

(tyo/tyo)