Dituding Jiplak, Xiaomi: Bagaimana Apple yang Nyontek Android?

Jakarta - Xiaomi belum lama ini merilis ponsel terbarunya, Mi 4. Namun selain tanggapan positif, tak sedikit respons negatif yang diterima vendor China ini, terutama soal tudingan menjiplak Apple. Hugo Barra, VP Xiaomi Global pun memberikan tanggapannya.

Menurut Barra, dalam industri ponsel saat ini kesamaan desain adalah hal yang lumrah terjadi karena banyak engineer di dalamnya yang terinspirasi dari konsep yang sudah ada. Jadi mereka menyempurnakannya dengan cara mereka.


“Mereka (engineer-red) dalam industri ini memperhatikan konsep-konsep yang telah ada, kemudian mengambil yang mereka butuhkan untuk disempurnakan menjadi lebih baik (menurut versi mereka),” ujar Hugo Barra di Hotel Grand Hyatt, Jakarta.


Lantas bagaimana mengenai tudingan yang menyebut Xiaomi menjiplak Apple? Menariknya, Barra tak menepis anggapan tersebut, meski juga tak mengiyakan. Ia membalikkan pertanyaan tersebut ke pihak Apple yang menurutnya juga menjiplak sejumlah fitur Android pada iOS garapannya.


“Bila Xiaomi disebut mencuri ide dari Apple, lantas bagaimana dengan Apple yang juga mencuri ide dari Android,” tandasnya, sembari tersenyum sinis.


(yud/ash)