Mencari Pengganti Tifatul

Jakarta - Dengan mundurnya Tifatul Sembiring dari jabatan Menkominfo membuat posisi menteri strategis di bidang teknologi informasi komunikasi (TIK) itu menjadi lowong. Siapa gerangan yang cocok untuk jadi penggantinya?

Seperti diketahui, Tifatul telah menyatakan mundur sebelum 1 Oktober agar bisa segera dilantik sebagai anggota dewan di Senayan. Jabatan ini sementara akan dirangkap oleh Menko Polhukam Djoko Suyanto.


"Memang sebelum 1 Oktober saya akan berhenti. Kementerian akan di-take over oleh Menko Polhukam. Jadi ada waktu 20 hari, di mana itu di-take over oleh Menko," kata Tifatul.


Setelah masa transisi itu usai, presiden terpilih Joko Widodo tentu sudah harus memutuskan siapa kelak yang akan dipercayainya untuk menjadi orang nomor satu di Kementerian Kominfo.


Dari wawancara detikINET dengan para stakeholder tertinggi di bidang industri teknologi dan telekomunikasi, ada sejumlah nama yang diapungkan untuk mengisi posisi itu nantinya.


Berikut 10 besar di antaranya yang dipercaya punya keunggulan untuk menjadi kandidat Menkominfo era Jokowi:


1. Onno Widodo Purbo

2. Gatot S Dewa Broto

3. Setyanto P Santosa

4. Hasnul Suhaimi

5. Arief Yahya

6. Alex J. Sinaga

7. Suhono Harso Supangkat

8. Alexander Rusli

9. Rudiantara

10. Indra Utoyo


Menurut pengakuan para stakeholder, mereka dinilai punya rekam jejak yang bagus dan punya keunggulan masing-masing. Sehingga sulit untuk menentukan pilihan siapa yang terbaik untuk mengisi pos menteri berikutnya.


Bagaimana menurut Anda, adakah pilihan yang lebih baik?


(rou/ash)