Mereka Mengaku Siap Jadi Menkominfo

Jakarta - Ada sejumlah nama yang diapungkan untuk mengisi jabatan Menkominfo di kabinet Jokowi mendatang. Saat dimintai tanggapannya, mayoritas merasa terkejut, senang, dan berusaha mengemban amanah jika diberi kepercayaan.

Pasca lengsernya Tifatul Sembiring, posisi menteri strategis di bidang teknologi informasi komunikasi ini menjadi lowong. Tifatul telah menyatakan mundur sebelum 1 Oktober agar bisa segera dilantik sebagai anggota dewan di Senayan.


Selain mencari figur yang tepat untuk posisi Menkominfo melalui program Seleksi Menteri yang digelar detikcom , detikINET juga coba mewawancarai sejumlah sosok yang namanya belakangan banyak diapungkan.


Figur seperti Hasnul Suhaimi, Rudiantara, Setyanto P Sentosa, Gatot S Dewa Broto, Suhono Harso Supangkat, semua mengamini dan akan berusaha untuk amanah jika kelak diberi kepercayaan oleh Jokowi.


"Saya tersanjung karena ada yang mempercayai. Jabatan itu amanah. Kalau kita menjadikannya sebagai ibadah, maka akan enak bekerja secara profesional," kata Suhono yang saat ini masih menjabat sebagai Guru Besar di Institut Teknologi Bandung.


Sementara Setyanto yang saat ini menjabat sebagai Chairman Masyarakat Telematika Indonesia (Mastel) berharap sosok Menkominfo yang dipilih oleh Jokowi merupakan pilihan terbaik dari yang ada saat ini. "Silakan dipilih mana yang terbaik," katanya.


Ketua Umum Federasi Teknologi Informasi Indonesia (FTII) Sylvia Sumarlin juga menilai, opsi figur yang digadang-gadang merupakan sosok terbaik yang mampu untuk memimpin Kominfo kelak.


Sedangkan Sekjen Asosiasi Telekomunikasi Seluruh Indonesia (ATSI) Merza Fachys berharap, calon pengganti Tifatul kelak datang dari orang yang mengerti industri telekomunikasi. "Kami berharap tentunya dari orang kita. Tapi semuanya bagus, orang baik semua," pungkasnya.


(rou/ash)