Multipolar-Mitsui Patungan Data Center Rp 228 Miliar

Jakarta - PT Multipolar Technology Tbk membentuk perusahaan patungan bersama Mitsui & Co, Ltd. Joint venture untuk membangun dan mengoperasikan Data Center Tier-4 di Indonesia ini ditargetkan bisa terealisasi Oktober 2014 mendatang dengan modal dasar sebesar Rp 228 miliar.

"Pembentukan perusahaan patungan sedang dalam proses perizinan, diharapkan selesai Oktober ini," kata Direktur Utama Multipolar Technology, Hanny Untar, dalam media gathering di Jakarta, Rabu (27/8/2014).


Menurut Hanny, porsi pemegang saham pada perusahan joint venture tersebut masih akan didominasi Multipolar dengan bagian 65%. Sementara sisanya Mitsui sebesar 35%.


Sesuai perjanjian pembentukannya, Mitsui & Co, Ltd. dan anak usahanya, Mitsui Knowledge Industry Co, Ltd (MKI) akan membangun dan mengoperasikan Data Center Tier-4 di Indonesia. Data center ini nantinya akan beroperasi di bawah naungan PT Graha Teknologi Nusantara (GTN), anak usaha Multipolar Technology.


Melalui joint venture ini, MKI akan memberikan dan membagikan pengetahuan, pengalaman dan keahliannya di bidang layanan data center dan cloud computing.


Sesuai spesifikasi Tier-4, data center yang berlokasi di Cikarang ini, dilengkapi dengan dua sumber daya listrik dari grid yang terpisah, melalui penyedia kabel serat optik multi-carrier.


"Proses pembangunannya juga sudah dilakukan paralel dengan pembentukan JV sehingga diharapkan data center ini mulai beroperasi sebelum akhir tahun 2015," kata Hanny.Next


(rou/ash)