Facebook Perkarakan Restoran di Vietnam

http://us.images.detik.com/content/2014/08/30/398/123847_facebookvietnamdalam.jpg(dok. Thanh Nien News)


Jakarta - Facebook mengancam akan menggugat sebuah restoran di kota Ho Chi Minh, Vietnam karena menggunakan namanya. Restoran Nang Ganh memiliki slogan dalam bahasa Vietnam yang berarti "Restoran pertama yang dibangun di Facebook".

Nguyen Thi Thanh Nhan, pemilik restoran di jalan Tran Quoc Thao Distrik 3 itu, mengatakan bahwa slogannya tidak berarti bahwa Facebook terlibat langsung dalam pendirian atau pengoperasiannya.


"Saya mengajak orang lain untuk berinvestasi di restoran ini lewat Facebook. Saya pilih slogan itu sebagai bentuk penghormatan pada pengguna Facebook tersebut," tuturnya seperti dikutip dari Thanh Nien News, Sabtu (30/08/2014).


Awalnya, Nhan berjualan makanan secara online pada 2011 dan ternyata cepat mendapat keuntungan. Dia pun punya ide membuka restoran dengan mengajak orang berinvestasi lewat Facebook.


Nhan berhasil mengumpulkan USD 30 ribu dari 160 orang dengan menuliskan rencana bisnisnya dalam jaringan sosial itu. Proposalnya mendapat 100 tanggapan dalam semalam.


Dia berhasil membuka restoran Nang Ganh tahun lalu dengan pinjaman dan uang simpanannya. Sebagai penghargaan, Nhan pun memakai kata 'Facebook' dalam slogannya.


Rupanya, slogan ini menarik perhatian Facebook. Pada 13 Agustus lalu, Nhan mendapat surat dari firma hukum BMVN. Firma itu merupakan perwakilan hukum Facebook di Vietnam. Nhan dituduh menyalahgunakan kekayaan intelektual kliennya.Next


(rns/rns)