Gerak Cepat Xiaomi Taklukkan Indonesia

Jakarta - Setelah sukses besar di kandang sendiri, Xiaomi sejak awal tahun 2014 memulai ekspansinya ke pasar di luar China. Asia adalah salah satu target utama yang dibidik, termasuk Indonesia di dalamnya.

CEO Xiaomi Lei Jun dari beberapa kali ucapannya memang menegaskan, Asia Tenggara adalah salah satu pasar yang paling potensial untuk menjual produk-produknya. Saat itu, gambaran mengenai kapan 'Apple dari Timur' ini mulai berekspansi masih belum jelas.


Baru pada bulan Februari, titik terangnya sudah mulai terlihat. Wilayah yang pertama disinggahi adalah Asia Tenggara, di mana Singapura yang didaulat menjadi negara pertama bakal disambanginya.


Memang bukan Indonesia yang disebut, namun setidaknya, Indonesia kemungkinan besar akan didatangi dalam waktu dekat semakin jelas.


Baru di bulan April, teka-teki ini menjadi jelas. Kepastian Xiaomi untuk masuk Indonesia diungkapkan langsung oleh CEO Xiaomi Lei Jun.


Steve Jobs 'Made in China' ini mengungkapkan rencananya tersebut pada sebuah konferensi pers di Beijing, Tiongkok. Dia mengatakan, Xiaomi siap masuk 10 negara berkembang dan besar mulai tahun ini.


Selain Indonesia, 9 negara lainnya adalah India, Brazil, Rusia, Meksiko, Malaysia, Filipina, Thailand, Vietnam dan Turki.Next


(tyo/ash)