Microsoft Singkirkan 1.500 Aplikasi 'Sesat' di Windows Phone

Jakarta - Tak cuma iOS dan Android yang direpotkan dengan berbagai aplikasi 'sesat' yang lalu-lalang di toko aplikasinya. Windows Phone (WP) pun juga mengalami masalah yang sama, kendati aplikasinya tak sebanyak dua kompetitornya itu.

Untuk menekan angka aplikasi 'menyesatkan', Microsoft pun dilaporkan telah menendang setidaknya 1.500 aplikasi yang dianggap menyesatkan dari pasar aplikasi WP Store. Seluruh aplikasi tersebut dianggap memiliki nama yang kurang mencerminkan fungsi aplikasi itu sendiri.


Ke depannya Microsoft disebut juga bakal makin memperketat kategori aplikasi berdasarkan fungsinya masing-masing secara lebih spesifik. Selain itu, aplikasi yang memiliki ikon mirip dengan aplikasi lain yang telah lebih dulu ada juga akan kena tendang.


Seperti detikINET kutip dari Phone Arena, Kamis (28/8/2014), tujuan dilakukannya hal tersebut, agar pengguna WP tak sampai terjerat aplikasi 'sesat' atau dari aplikasi yang mendompleng nama besar aplikasi lain yang telah terkenal. Sehingga pengguna dapat terhindar dari kerugian membeli aplikasi yang tidak sesuai harapannya.


"Awal tahun ini kami mendengar bahwa pengguna lebih sulit untuk menemukan aplikasi yang mereka sedang cari, sering harus memilah-milah daftar aplikasi dengan judul membingungkan atau menyesatkan," tulis Microsoft dalam keterangan resminya.


(yud/tyo)