Pembeli Pentax 645Z Harus Inden 10 Minggu

Jakarta - Pentax telah merilis 645Z, kamera medium format digital anyar sebagai penerus dari 645D. Kamera bersensor CMOS dari Sony ini dibanderol Rp 108 juta untuk versi bodi only dan Rp 120 juta untuk bundling dengan lensa 55mm f/2,8 (setara 33mm di DSLR full frame).

Kamera ini sudah bisa dipesan di sejumlah toko kamera mulai bulan Agustus 2014 ini. Namun calon pembelinya harus menunggu masa pemesanan selama 10 minggu.


Pasalnya, menurut Jousha Yusuf, Marketing Manager Aneka Warna Indah -- distributor Pentax di Indonesia -- peminat kamera ini diklaim cukup banyak.


"Iya harus pesan dan menunggu dulu sekitar 10 minggu. Ini kamera banyak peminatnya, di Amerika saja sudah laku sekitar 1/000 unit sejak pertama dijual kurang lebih 2 bulan yang lalu," ujar Jousha.


Harga 645Z ini memang terbilang murah untuk kamera medium format digital. Autofokusnya pun kini lebih cepat jika dibanding dengan pendahulunya, 645D.


Itu karena Pentax sudah mengganti jenis sensor yang digunakan dari CCD ke CMOS. Hal itu yang membuat kinerja autofokus, dan beberapa hal lainnya jadi lebih baik.


Selain itu, 645Z mempunyai fitur weather sealed. Itu artinya, jika digunakan dengan lensa dengan fitur tersebut, kamera ini bisa digunakan untuk memotret di luar ruangan dalam berbagai kondisi cuaca.


(asj/ash)