Menkominfo dari Kaum Hawa, Mungkinkah?

Jakarta - Dari nama-nama yang diapungkan sebagai kandidat Menkominfo baru di era kepresidenan Jokowi, semua yang diajukan ternyata dari kaum pria. Apakah tak ada calon dari kaum wanita?

Pertanyaan ini sempat detikINET bahas ketika berbincang-bincang dengan Sylvia Sumarlin, bos perusahaan Internet Service Provider yang saat ini menjabat Ketua Umum Federasi Teknologi Informasi Indonesia (FTII).


Sebagai srikandi yang lama malang-melintang di industri teknologi, Sylvia yang kerap disapa dengan panggilan Evie ini rasanya cukup memenuhi syarat untuk jadi salah satu menterinya Jokowi.


Pengalamannya memimpin organisisi sebagai Ketua Umum Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) tentu sangat bermanfaat jika menginginkan sosok yang tepat agar internet di Indonesia bisa cepat.


Apakah Evie berminat? Sayangnya, tidak. Putri dari mantan Menteri Keuangan JB Sumarlin ini mengaku lebih nyaman berkarir sebagai pengusaha teknologi saja. "Doain aku jadi pengusaha ICT yang sukses saja, yang bisa bikin produk asli Indonesia," tampik dia.


Sejauh ini, nama-nama yang diapungkan sebagai calon kuat Menkominfo berikutnya adalah Onno Widodo Purbo, Gatot S Dewa Broto, Setyanto P Santosa, Hasnul Suhaimi, Arief Yahya, Alex Janangkih Sinaga, Suhono Harso Supangkat, Alexander Rusli, Rudiantara, dan Indra Utoyo.


Dari nama-nama kandidat yang sudah ada, Evie pun mengaku setuju dan mendukung penuh jika salah satunya kelak dipilih oleh Jokowi. "Yang jadi favorit saya adalah Setyanto dan Onno," kata dia.


Apakah tak ada lagi calon lain yang memenuhi syarat, khususnya dari kaum wanita? Sejauh ini, Evie belum mempunyai usulan. Kalaupun ada, ia berharap sosok wanita itu harus muda dan berani dalam mengambil keputusan.

(rou/ash)