Mengupas Lensa Samsung NX 45mm f/1.8

Jakarta - Lensa Samsung 45mm f/1.8 untuk sistem kamera mirrorless Samsung NX ini agak unik focal lengthnya yaitu 45mm. Biasanya lensa fix pada umumnya memiliki focal length 35mm, 50mm dan 85mm. Karena Samsung NX sensornya APS-C, maka kalau kita mencari kesetaraan di sensor full frame atau kamera film harus dikalikan dengan faktor kropnya yaitu 1.5 menjadi 67.5mm.

Focal length antara 50-85mm biasanya dinamakan lensa telefoto pendek. Aplikasinya biasanya untuk foto portrait setengah badan. Bukaan maksimum yang panjang membuat lensa ini relatif mudah membuat latar belakang blur dan untuk foto di dalam ruangan atau malam hari.


Desain lensa ini cukup simple. Di sebelah kiri badan lensa ada tombol i-Fn dan ring fokus. Tombol i-Fn adalah salah satu tombol akses langsung untuk mengganti setting kamera dengan memutar ring fokus. Lensa ini juga tersedia dalam dua jenis, 2D saja, atau 2D/3D. Sementara yang bisa 3D harganya lebih tinggi dan ada tuas untuk mengganti mode 2D ke 3D.


Saya menguji lensa ini dengan mengunakan kamera Samsung NX300 untuk fotografi 2D, dan lensa ini terasa pas di kamera ini dan juga kamera Samsung NX lainnya karena ukurannya kecil. Beratnya hanya 122 gram dan panjangnya 6,2 cm. Ukuran filter lensa ini sedikit tidak biasa yaitu 43mm.


Kebanyakan lensa bukaan besar lainnya hanya akan mencapai ketajaman yang maksimal jika bukaannya sedikit ditutup ke f/2.8. Hal itu tidak berlaku untuk lensa ini, meskipun di bukaan f/1.8 sekalipun.


Ketajaman masih bisa ditingkatkan lagi jika kita mengunakan bukaan yang lebih kecil f/2.8. Untuk foto portrait, siap-siap untuk menghaluskan kulit dan wajah saat mengedit foto karena jerawat atau flek akan terlihat sangat jelas saat di zoom 100%.







[ilustrasi foto 45mm aktual, 45mm koreksi (crop 100%)] dan foto aktual.Next


(ash/ash)