Sosok Menkominfo Ideal dari Kacamata Industri

Jakarta - Para stakeholder dari sisi industri telekomunikasi dan penyedia perangkat jaringan teknologi juga ikut angkat bicara soal harapan tentang figur Menkominfo ideal di era kepresidenan Jokowi mendatang.

"Menjadi pejabat negara itu harusnya pengabdian, bukan cari kekuasaan atau duit," kata Duta Subagio Sarosa, Direktur PT Berca Hardayaperkasa, operator 4G WiMax dengan brand WiGO di 2,3 GHz ini kepada detikINET, Rabu (27/8/2014).


Ia pun berharap, sosok menteri ICT ini nantinya tidak datang dari partai politik. Kalaupun punya latar belakang pernah bekerja di industri teknologi, Menkominfo mendatang diharapkan punya banyak pengalaman.


"Tidak kental warna di belakangnya, misal di CV-nya cuma pernah kerja di satu operator doang. Kalau background akademiknya bagus bisa jadi nilai tambah. Tapi, kalau pengalamannya cuma ngajar doang juga tidak bisa, karena mesti pragmatis juga," ucapnya.


Berbicara sebagai petinggi operator BWA, Duta juga ikut berharap Menkominfo nantinya akan lebih memperhatikan masalah kebijakan tentang tingkat kandungan lokal dalam negeri (TKDN).


Seperti diutarakannya berulangkali, kebijakan TKDN sebenarnya bagus karena bisa meningkatkan pendapatan dalam negeri 10% hingga 15%. Namun sayangnya, kebijakan itu malah mendorong produksi perangkat CPE untuk modem WiMax jadi mahal dan sulit dijangkau masyarakat.


"Nasionalisme sempit soal hardware TKDN juga mesti diubah dengan TKDN berkaitan dengan industri kreatif," harap pria yang hobi mengoleksi burung pentet ini lebih lanjut.Next


(rou/ash)