Penonton Datang, Tinggal Menunggu Uang

Jakarta - Pada prinsipnya, peluang menghasilkan uang dari internet sama. Seseorang harus kreatif membuat konten yang bisa menarik banyak orang untuk melihatnya, tak terkecuali di YouTube.

"Yang penting adalah kontennya menarik viewer atau enggak. Intinya adalah menghasilkan video yang viewer-nya banyak, dilihat orang banyak akan otomatis menarik iklan," kata pengamat social media Nukman Luthfie dihubungi detikINET, Selasa (26/8/2014).


Disebutkannya, kunci utama jika seseorang ingin mencari uang di internet dengan mengandalkan konten dan iklan adalah, harus bisa menghasilkan trafik.


"Karena kamu dibayar berdasarkan ad view atau ad click. Kalau trafiknya kecil kamu dapat iklan cuma sedikit, gak bisa ambil duitnya. Karena bisa dapat uangnya itu minimal kita menghasilkan USD 100 baru ditransfer," ujar penyuka kopi ini.


Sama seperti di platform social media lain, yang tidak mudah menurutnya adalah membuat konten yang bisa menghasilkan trafik. Soal konten ini sendiri, harus disesuaikan dengan target audiens yang akan disasar.


"Kalau blog misalnya, gampang bisa ditempelin iklan. Bikin konten, tarik orang yang mau jadi membernya disitu. Semakin banyak akan menghasilkan trafik lebih besar. Sama di YouTube juga begitu. Kalau mau cari duit, kamu bikin channel di situ bikin konten bagus yang bikin orang mau nonton dan subscribe," simpulnya.


(rns/ash)