Windows 9 Pastikan Start Menu ala Windows 7

Jakarta - Isu yang menyebut Microsoft bakal mengembalikan menu start pada Windows 9 sepertinya bakal terbukti. Sebuah video memaparkan secara jelas kehadiran start menu berikut cara penggunaannya pada calon penerus Windows 8.1 tersebut.

Dalam video itu terlihat, menu start yang bakal hadir pada Windows 9 memiliki tampilan yang tak jauh berbeda seperti halnya pada Windows 7, terutama di kolom kiri yang berisi barisan ikon aplikasi yang terinstal.


Perbedaan baru terlihat di kolom kanan, dimana tampilannya sama persis layaknya modern UI yang bergaya kotak-kotak. Seperti pada modern UI, pengguna juga bisa mengatur barisan kotak-kotak yang mewakili aplikasi itu dengan ukuran besar maupun kecil.


Berdasarkan video ini bisa dibilang Windows 9 adalah jawaban Microsoft atas banyaknya kritikan yang diarahkan pada Windows 8. Selain itu, untuk menghilangkan fragmentasi, Windows 9 juga disebut-sebut bakal menggabungkan Windows, Windows Phone, dan juga Windows RT dalam satu sistem operasi saja.


Mengenai peluncurannya, Microsoft berencana untuk mengungkap suksesor dari Windows 8 ini bulan depan, tepatnya 30 September 2014, pada sebuah acara khusus. Sangat mungkin akhir bulan ke-9 itu akan jadi waktu kelahiran Windows 9.


(yud/ash)