Itu sebabnya, pendiri sekaligus CEO jejaring sosial terbesar di muka bumi ini terus mengkampanyekan masalah ini melalui forum yang ia buat bersama dengan sejumlah perusahaan dalam wadah internet.org.
"Baru satu pertiga dari penduduk dunia memiliki akses internet, sedangkan dua pertiga sisanya belum terkoneksi dengan internet. Banyak batasan infrastruktur, network, serta keterbatasan ekonomi dan sosial," katanya di Hotel Four Seasons, Jakarta, Senin (13/10/2014).
Masih rendahnya penetrasi internet, khususnya di negara-negara berkembang, membuat Zuckerberg merasa harus turun langsung ke lapangan untuk mendorong pertumbuhan internet lewat kerja sama strategis dengan semua stakeholder.
Dipaparkannya, ia telah menemui pucuk pimpinan negara-negara di Asia dan Indonesia untuk membicarakan kebijakan internet. Facebook pun juga menggandeng vendor jaringan dan operator seluler untuk terus mengkampanyekan program internet.org ini.
Zuckerberg berharap, dengan aksi blusukannya ini bisa membawa perubahan. Dan keterbatasan ekonomi yang menjadi salah satu penghalang bagi sebagian besar masyarakat dunia kelas menengah ke bawah untuk mengakses internet bisa dicarikan solusinya.
"Itu sebabnya kami mendorong layanan data yang efisien dan murah. Facebook, Ericsson, dan XL, akan memaksimalkan kondisi koneksi internet di Indonesia agar semua orang bisa menggunakan layanan internet," katanya.Next
(rou/ash)