President Mobile Command Center

Jakarta - Saat ini di lingkungan Istana Kepresidenan, tepatnya di Bina Graha, sesungguhnya sudah ada yang disebut situation room yang mulai berfungsi sejak Juli 2010.

Di ruang komando seluas 100 meter yang dilengkapi dengan perangkat teknologi informasi yang sangat canggih itu, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dapat mengetahui situasi yang terkini dengan data yang paling aktual.


Termasuk juga monitoring terhadap implementasi proyek dan program pembangunan nasional dan juga sebaliknya berbagai kendala di lapangan, sehingga presiden tidak serta merta hanya menerima laporan dari bawahannya.


Situation room itu bukan yang pertama kali di dunia, karena di Amerika Serikat, situation room Gedung Putih juga ada meski memang lebih sering digunakan untuk kepentingan militer.


Ruang tersebut dibangun pada 1961 oleh presiden saat itu, John F. Kennedy, setelah gagal dalam invasi Bay of Pigs di Kuba gara-gara informasi yang tidak real time.


Di West Wing atau markas para staf Gedung Putih, dinding situation room dibuat kedap suara dengan audio dan video yang keamanannya terjaga untuk tidak bisa diakses pihak luar.


Mengingat situation room di Bina Graha belum secanggih itu, tidak tertutup kemungkinan bisa dikembangkan ke arah yang lebih strategis. Publik tidak perlu antipasti dengan masalah anggaran dulu karena itu isu sensitif. Next


(rou/rou)