Pengamat: iPad Anyar Kurang Cetar

Jakarta - Apple memperkenalkan generasi tablet PC terbarunya, iPad Air 2 dan iPad Mini 3. Meski performa dan desainnya lebih baik serta dilengkapi sensor sidik jari TouchID, beberapa pengamat menyatakan iPad anyar tersebut kurang memiliki fitur wow.

"Saya harus jujur dan mengatakan kalau satu-satunya hal impresif adalah layar retina 5K di iMac. Hal lain yang kami lihat cuma sedikit peningkatan di iPad," kata analis dari Gartner, Van Baker.


Padahal penjualan tablet PC termasuk iPad tidak secemerlang sebelumnya karena digerus smartphone, sehingga dibutuhkan terobosan baru. Menurut biro riset Gartner, pasar tablet PC hanya akan tumbuh 11% tahun ini dari angka 55% di tahun lalu.


Seperti dikutip detikINET dari Reuters, Jumat (17/10/2014), penjualan iPad sendiri menurun dalam dua kuartal berturut turut. Jika penjualan iPad terus menerus anjlok, pendapatan Apple bisa lumayan tergerus.


Dan tidak sesuai rumor, Apple ternyata urung meluncurkan iPad layar 12 inch seperti yang sempat dispekulasikan sebelumnya. Padahal kemungkinan, iPad jumbo tersebut akan memikat bagi dunia bisnis.


"Mengecewakan, terutama bagi pembeli dari enterprise, bahwa tidak ada model ipad 12,9 inch. Untuk membuat iPad kembali mengalami pertumbuhan penjualan yang tinggi, inovasi desain diperlukan. Kita harus menunggu sampai 2015 untuk melihat apakah Apple akan menyelesaikan masalah ini," kata analis dari Forrester Research, J.P Gownder.

(fyk/ash)