Apple kok Gak Bikin MacBook Layar Sentuh?

Jakarta - Sejak Windows 8 dirilis, banyak vendor memasang layar sentuh di laptop buatannya. Namun Apple sepertinya tidak tertarik untuk menggunakan teknologi itu.

"Sejujurnya, kami menganggap bahwa ini (Mac-red.) bukan antarmuka yang tepat (untuk layar sentuh)," ujar Craig Federighi, Apple SVP of Software Engineering, seperti yang dikutip detikINET dari Cnet, Jumat (17/10/2014).


"Kami memang sudah bereksperimen dengan semua teknologi, namun menurut kami itu (layar sentuh-red.) tak terlalu baik. Kami tak tertarik mengembangkannya," tandas Federighi.


Menurutnya, menggunakan layar sentuh di perangkat desktop ataupun laptop terasa tak nyaman, karena harus secara terus menerus menyentuh layar. Tak seperti iPad atau iPhone yang digunakan dalam posisi yang nyaman.


Ketimbang mengembangkan Mac dengan layar sentuh, Apple lebih memilih untuk meningkatkan kualitas trackpad-nya. Sampai saat ini, trackpad yang digunakan di MacBook, baik Air maupun Pro, banyak disebut-sebut sebagai yang terbaik dibanding trackpad laptop lain.


Jawaban-jawaban ini dikatakan Federighi di sela-sela acara peluncuran iPad Air 2, iPad Mini 3, Mac Mini, Serta iMac anyar. Di gelaran itu, ia juga mendemonstrasikan sejumlah fitur dari Mac OS X Yosemite, dan iOS 8.1.


(asj/ash)