Samsung Umumkan Exynos 7 untuk Galaxy S6?

Jakarta - Bersamaan dengan waktu dirilisnya Nexus 6, ternyata Samsung juga mengumumkan prosesor terbarunya dengan sebutan Exynos 7. Penerus Exynos 6 ini diklaim memiliki performa yang dua kali lipat lebih baik dari pendahulunya.

Sebagai andalannya, Samsung masih mengandalkan teknologi big.LITLE pada prosesor terbarunya itu. Namun kali ini arsitekturnya sudah berganti, tak lagi menggunakan Cortex-A7 dan Cortex-A15 yang masih terbatas pada komputasi 32 bit.


Exynos 7 kini telah dibekali Cortex-A53 dan Cortex-A57. Artinya, dapat dipastikan prosesor anyar Samsung itu telah mendukung komputasi 64 bit. Samsung juga telah menggunakan proses pabrikasi 20 nm untuk memproduksi Exynos 7.


Tak kalah menarik adalah performanya, seperti dilansir Phone Arena, Kamis (16/10/2014), Samsung mengklaim Exynos 7 memiliki performa hingga 57% lebih baik bila dibandingkan dengan Exynos 5. Sayang tidak ada perbandingan dengan Exynos 6 yang kini digunakan oleh Galaxy S5 dan Galaxy Note 4.


Analis mengatakan Exynos 7 sangat mungkin bakal dibenamkan oleh Samsung di penerus Galaxy S5. Apalagi Android 5.0 Lollipop yang baru diumumkan Google juga telah mendukung komputasi 64 bit, jadi sesuai dengan Exynos 7 yang juga 64 bit.


(yud/ash)