Google Nexus 9 Jadi Lawan Berat iPad Anyar

Jakarta - Google telah membuka selubung Nexus 9, tablet terbarunya yang diciptakan bekerja sama dengan HTC. Dibekali spek tinggi dan bodi elegan, Nexus 9 berpotensi menjadi lawan berat bagi tablet iPad terbaru yang rencananya rilis 16 Oktober waktu Amerika Serikat.

Nexus 9 bodinya sebagian terbuat dengan sentuhan metal dan ketebalannya hanya 7,9 mm. Ukuran layarnya 8,9 inch yang diklaim Google sebagai ukuran tablet yang ideal.


"Nexus 9, dengan metal dan layar 8,9 inch, cukup kecil untuk dibawa cukup dengan satu tangan tapi juga cukup besar untuk dioperasikan," demikian pernyataan Google.


Berbeda dengan tablet Android pada umumnya, aspect ratio layar Nexus 9 adalah 4:3, bukan 16:9. Resolusinya 2.048 x 1.536 pixel. HTC juga melengkapi Nexus 9 dengan teknologi speaker BoomSound.


Spesifikasinya sendiri lumayan tinggi. Prosesor Nexus 9 menggunakan Tegra K1, yang merupakan prosesor 64 bit. RAM-nya 2GB, dan pilihan storagenya terdiri dari 16 dan 32 GB. Baterainya diklaim akan bisa bertahan selama 9 jam.


Nexus 9 akan dilepas dengan harga mulai USD 399 hingga USD 599, dan akan mulai tersedia di rak-rak toko mulai 3 November mendatang. Untuk tahap awal, Nexus 9 direncanakan menyapa 29 negara.


Google menyediakan aksesoris khusus yang dijual terpisah berupa keyboard magnet. "Karena makin banyak orang menginginkan pengalaman simple di tablet ketika ingin melakukan pekerjaan, maka kami mendesain keyboard folio yang tertempel secara magnetis di Nexus 9," kata Google.


Apple sendiri bersiap menghadirkan iPad Air dan iPad Mini generasi baru dalam sebuah even yang digelar di California, Amerika Serikat. Perang di industri tablet PC pun dipastikan akan semakin panas.


(fyk/tyo)