Cermat Menggunakan Flash Kamera

Jakarta - Saya mempunyai kamera Canon 600D, pada saat saya memotret dengan menggunakan flash hasil fotonya kadang terang kadang gelap, seperti tidak ada cahaya flash sama sekali. Apakah ada masalah pada kamera? Atau masalah pada settingan? Terima kasih. (Iyan P)

Jawaban:


Flash kamera itu perlu waktu untuk mengisi daya, terutama saat menggunakan kekuatan penuh. Kadang 2-3 detik, kadang 6-7 detik, tergantung kualitas flash yang digunakan dan juga setting kekuatan flash dan kondisi pencahayaan lingkungan. Kalau dipakai buat foto berturut-turut dengan cepat, kemungkinan terang gelap antara foto yang satu dengan yang lain tidak sama. Hal ini karena kapasitor flash belum cukup terisi tapi sudah harus dikeluarkan.


Beberapa solusi yang saya sarankan untuk mengatasi masalah ini adalah:


1. Jika memotret di kondisi cahaya yang gelap seperti di dalam ruangan atau malam hari, naikkan ISO untuk membantu supaya flash tidak bekerja terlalu keras.


2. Gunakan baterai dengan kualitas yang baik, misalnya baterai Nimh rechargeable.


3. Hindari foto berturut-turut dengan cepat, tunggu flash selesai recharge.


4. Gunakan external flash battery untuk mempersingkat recycle time baterai. External battery pack memungkinkan untuk mengunakan lebih dari 4 baterai sehingga recycle time lebih singkat.


5. Jika tidak perlu, hindari setting flash yang terlalu kuat (full power atau 1/1).

(jsn/ash)


http://us.images.detik.com/content/2013/02/22/1204/copyofenche-tjinbaru2.jpgEnche Tjin Enche Tjin mengenal fotografi sejak tahun 1998 saat menuntut ilmu di jurusan Desain Komunikasi Visual. Di tahun 2007, ia beralih ke fotografi digital. Enche aktif di dalam menulis buku, blog, artikel untuk media massa, dan menyelenggarakan kursus kilat serta tur fotografi. Enche juga menerima jasa fotografi terutama event dan portrait. Website: infofotografi.com , Twitter: @infofotografi.