Langkah Kecil di Essen, Lompatan Besar Industri Game Indonesia

Jakarta - Sore 13 Oktober 2014, perjalanan panjang Jakarta-Essen dimulai. Total 14 jam penerbangan dan 2 jam transit kami lalui. Ada lebih dari 120 buah board game asal Indonesia jadi muatan utama perjalanan ini, sebuah misi besar membawa warna game Indonesia ke pentas panggung boardgame dunia, SPIEL 14 Essen, Jerman, dimulai.

Banyak yang menanyakan, mengapa board game? Di tengah perkembangan industri game digital yang begitu luar biasa - mengapa tidak pernah bosan kami coba tunjukkan potensi board game?


Dalam pandangan kami, game apapun bentuknya (board/card atau digital game) adalah sebuah media dengan potensi luar biasa untuk memberikan perubahan positif.


Board game mungkin adalah bentuk paling sederhana untuk bisa menunjukkan potensi itu sekaligus juga untuk memotivasi sebanyak mungkin pihak untuk sama-sama bisa menghadirkan game Indonesia yang berkualitas.


Di sisi lain, kemampuan mengembangkan sebuah board/card game yang baik adalah pondasi dasar untuk menghadirkan berbagai jenis game digital yang berkualitas.


Dengan kata lain, hadirnya berbagai board game Indonesia yang berkualitas akan juga menjadi pondasi penting industri game Indonesia secara keseluruhan.


Siang kemarin, 14 Oktober 2014 tepat pukul 16:00, seluruh board game Indonesia tiba tiba di kota Essen, Jerman. Ada bangga dan begitu banyak bahagia menyambut kesempatan besar memperkenalkan yang terbaik Indonesia melalui berbagai game yang ada. Semoga ini jadi langkah awal untuk kemajuan industri game Indonesia.


*) Penulis, Eko Nugroho merupakan seorang Game Designer, Co-Founder Kummara Creative Studio (http://kummara.com), Inisiator Indonesia Bermain. Yang bersangkutan bisa dikontak via Twitter @enugroho.


(ash/ash)