Zusy yang Membelah Diri

Jakarta - Jaringan (LAN) memang memberikan kemudahan bagi para pengguna komputer untuk berbagi informasi. Dengan LAN semua informasi dapat diakses dengan begitu cepat dalam hitungan detik.

Tetapi di samping kemudahan yang diberikan, ada sisi lain yang justru memberikan kerugian. Dengan alasan untuk mempermudah pekerjaan, user sering melakukan pertukaran data antar sesama rekan kerja dalam jaringan dengan melakukan share pada direktori/folder mereka.


Sekarang yang menjadi permasalahan utama adalah mode share yang dipakai itu mode full access. Hal inilah yang menjadi penyebab utama mudahnya penyebaran virus dalam jaringan.


Sebaiknya jika melakukan sharing terhadap suatu folder, share folder yang dibutuhkan saja dan sangat disarankan tidak melakukan share pada root drive [c:\ atau d:\] serta gunakan read only atau jika harus menggunakan full access sebaiknya batasi user yang dapat mengakses folder tersebut.


Salah satu malware yang patut diwaspadai dan menyebar dengan memanfaatkan file sharing adalah Trojan Zusy yang menyebarkan diri dengan membuat kamuflase dalam bentuk file yang terkompresi sehingga susah dideteksi di jaringan.


Bagi Anda yang sering melakukan transaksi internet banking dan belanja online namun tidak memiliki perlindungan Bankguard, harap ekstra hati-hati karena Trojan ini memiliki tujuan utama mendapatkan keuntungan finansial dari intrusi data internet banking dan e-commerce dan sangat berpotensi mengakibatkan kerugian finansial.


Selain itu, aksi Zusy menyebarkan dirinya secara tidak langsung menyebabkan penuhnya kapasitas hardisk khususnya yang melakukan folder sharing full. Next


(ash/ash)