Nexus 6 Phablet Mahal Pertama Google

Jakarta - Nexus 6 yang baru saja diumumkan berkat kolaborasi dengan Motorola merupakan phablet pertama Google yang dibanderol cukup mahal. Padahal selama ini, Nexus dikenal sebagai handset murah.

Berbeda dengan perangkat Nexus yang sudah-sudah, Google menjual phablet ini dengan harga USD 649 atau Rp 8 Juta, sementara ponsel Nexus generasi sebelumnya biasa dilepas di kisaran harga USD 400 atau Rp 4,4 juta.


Google beralasan mengapa Nexus 6 dijual cukup tinggi, karena permintaan dari banyak pengguna Android. Mereka menginginkan spesifikasi yang lebih mewah untuk lini perangkat Nexus.


"Orang-orang menginginkan sesuatu yang lebih premium," ujar Hiroshi Lockheimer, VP of Engineering Google, seperti yang dilansir Recode, Kamis (16/10/2014).


Ini tentu kontradiktif dengan tujuan awal Google dalam membuat lini perangkat Nexus. Awalnya, perangkat Nexus dibanderol dengan harga rendah agar lebih banyak orang menggunakan perangkat yang menggunakan OS stock Android.


Namun harga mahal itu ditebus oleh Google dengan memberi spesifikasi yang terbilang tinggi. Layar AMOLED 6 inch-nya beresolusi QHD. Prosesornya Qualcomm Snapdragon 805, kamera 13 megapixel, baterai 3.200 mAh, serta dua front-facing speaker. Pun tersedia dalam dua pilihan storage, 32 dan 64 GB.



Nexus 6 mulai bisa dipesan 29 Oktober mendatang, dan tersedia di rak-rak toko di Amerika Serikat mulai bulan November 2014. Belum jelas kapan perangkat ini akan masuk secara resmi ke sejumlah negara lainnya, termasuk Indonesia.


(asj/tyo)