Komunitas ICT Sambut Calon Menkominfo Jokowi

Jakarta - Siapa yang akan menjadi calon Menkominfo berikutnya sudah mulai menemukan titik terang. Dari sekian banyak nama yang sebelumnya beredar, kini hanya menyisakan tiga kandidat terkuat.

Dari informasi terpercaya yang diterima detikINET, nama tiga calon Menkominfo periode 2014-2019 adalah Gatot S Dewa Broto, Richardus Eko Indrajit, dan Rudiantara. Bahkan katanya, Jokowi dan Jusuf Kalla telah memilih satu pilihan terbaik.


Kabar ini ternyata cukup direspons positif oleh kalangan industri dan komunitas teknologi informasi komunikasi alias ICT. Harapan langsung membuncah mengingat ketiganya memang orang yang sangat mengerti kondisi ICT di Indonesia.


Doni Darwin, pendiri IndoTelko Forum, juga ikut menyambut baik mengerucutnya nama calon menteri bidang ICT ini. Menurutnya, ketiga kandidat yang namanya sudah dalam genggaman Jokowi ini merupakan sosok ideal meskipun tetap ada plus-minusnya.


"Siapapun yang dipilih tentu harus sejalan dengan program yang digagas presiden dan mampu mengkomunikasikannya ke semua pemangku kepentingan serta mengeksekusi secara tepat," paparnya kepada detikINET, Jumat (17/10/2014).


Dalam pengamatannya, Gatot selama ini dikenal sebagai birokrat yang mampu berkomunikasi dengan baik ke komunitas, industri, dan diterima baik kalangan internal pemerintahan. Sementara Eko memiliki pengalaman di birokrasi dan dikenal komunitas. Sedangkan Rudiantara sudah menjalani 'tour of duty' di industri energi, semen, dan telekomunikasi.


"Sekarang tinggal presiden terpilih menentukan pilihannya. Hal yang pasti, Menkominfo ke depan memiliki tugas lumayan berat yakni mewujudkan broadband economy yang ideal karena Indonesia sudah memiliki rencana pembangunan pita lebar lima tahun mendatang," katanya lebih lanjut.Next


(rou/ash)