Wusss... Samsung Geber WiFi Kecepatan 4,6 Gbps

Jakarta - Saat ini kecepatan tertinggi koneksi WiFi berada di angka 1,2 Gbps dengan standar 802.11 ac. Namun tahun 2015 mendatang Samsung disebut akan menghadirkan kecepatan WiFi yang lebih cepat lagi yakni mencapai 4,6 Gbps.

Untuk mengirimkan data dengan kecepatan tersebut, Samsung menggunakan frekuensi 60 GHz di level millimeter. Padahal sebelumnya Samsung pernah mengatakan frekuensi yang digunakannya itu masih rentan terhadap gangguan yang berakibat lemahnya sinyal.


Namun produsen Korea Selatan itu sepertinya telah menemukan jawaban atas permasalahan tersebut yakni dengan menggunakan antenna yang memiliki jangkauan luas dengan pemancar beraturan. Selain itu Samsung juga mengklaim telah berhasil mengeliminasi gangguan sinyal yang dapat terjadi.


Dengan kecepatan yang diusungnya, Samsung mencontohkan perangkat WiFi 4,6 Gbps akan dapat mentransfer sebuah film berukuran 1 GB hanya dalam waktu 3 detik. Melakukan streaming film HD yang tak ter-compress pun pengguna dikatakan tak bakal mengalami delay.


Seperti dilansir The Register, Senin (13/10/2014), Samsung kabarnya akan mengusung standar 802.11 ab bagi perangkat besutannya itu dan siap memasarkannya mulai tahun 2015 nanti.


(yud/ash)