Polisi AS akan Dipersenjatai Body Camera

Jakarta - Gedung Putih mengumumkan pendanaan federal senilai USD 75 juta untuk melengkapi para polisi di seluruh Amerika Serikat (AS) dengan kamera yang menempel di badan atau body camera.

Nilai ini diperkirakan bisa membantu pembelian sekitar 50 ribu body camera. Alat ini menjadi permintaan utama dari para aktivis hak asasi manusia dan publik umum, menyusul protes terkait peristiwa yang disebut kerusuhan Ferguson.


Seperti dilansir BBC, Selasa (2/12/2014), beberapa waktu lalu seorang remaja bernama Michael Brown tewas terbunuh polisi dalam sebuah aksi demonstrasi ke Ferguson. Saat itu, Brown yang masih remaja tidak dipersenjatai apapun.


Body camera dikenakan polisi, nantinya diharapkan akan mencegah peristiwa serupa terulang. Kamera yang menempel di tubuh polisi akan menyediakan bukti rekaman, saat terjadi perselisihan antara polisi dan warga sipil.


Sejumlah kritik dilancarkan atas langkah Gedung Putih ini. Beberapa pengamat menilai apa yang dilakukan Pemerintah AS sedikit terlambat. Dana USD 75 juta pun dinilai tidak cukup untuk membeli body camera untuk sekitar 750 ribu petugas kepolisian di seluruh AS.


(rns/ash)