Google Nova Siap Mengudara

Jakarta - Google kabarnya akan merilis layanan wireless miliknya sendiri. Sebuah laporan menyebutkan, layanan tersebut punya nama kode 'Nova'.

Seperti dilansir Tech Radar, Kamis (22/1/2015), layanan ini bakal mirip dengan yang ditawarkan perusahaan seperti Straight Talk, mobile virtual network operator (MVNO) yang membonceng jaringan yang sudah ada dari operator yang lebih besar.


Jadi kemungkinan besar layanan yang akan tersedia di Amerika Serikat (AS) ini langsung dijual ke konsumen. Nova akan didukung infrastruktur perusahaan operator seperti T-Mobile, Sprint, AT&T dan Verizon.


Konsumen mungkin akan diuntungkan karena Google bakal menawarkan harga lebih murah dari operator-operator tersebut. Ini mirip seperti Google Fiber, namun Google tak perlu membangun jaringannya sendiri di AS.


Google Nova kabarnya sudah dalam tahap pengujian secara terbatas dan siap dirilis pada pertengahan tahun ini. Di sisi lain, akan sangat menarik nantinya memperhatikan Google justru bakal bersaing dengan operator-operator yang jaringannya digunakan olehnya.


(rns/ash)