Cortana Semakin Pintar di Desktop

Jakarta - Asisten personal digital Microsoft, Cortana, yang sebelumnya hanya bisa ditemui di perangkat smartphone kini diboyong ke desktop. Tak sekadar hijrah, Microsoft juga memberikan lompatan pada kecerdasannya.

Pengumuman ini dilakukan Microsoft di sela-sela peluncuran Windows 10 yang digelar di Redmond, Amerika Serikat. Di atas panggung, Vice President Microsoft Operating Group Joe Belfiore, mendemokan kepintaran Cortana yang berjalan di Windows 10 untuk laptop dan tablet.


Cortana yang seluwes Siri dan selengkap Google Now masih seperti itu di versi desktop. Aplikasi ini mampu melacak pesawat yang Anda tumpangi dan memberikan informasi skor klub olahraga favorit Anda.


Di sisi pekerjaan, Cortana akan selalu memberikan informasi soal cuaca atau tanggal Anda membuat janji. Demikian yang disitat detikINET dari Cnet, Kamis (22/1/2015).


Asisten digital ini juga terlihat sangat pintar karena mampu merespons perintah verbal yang bentuknya agak random. Misalnya "Hey Cortana. Find me photos from December".


Sebagai pendamping digital, Cortana mempunyai fungsi untuk mengubah perintah suara menjadi tulisan teks di emal. Sehngga ini meringankan pengguna dalam melakukan pekerjaan.


Cortana sendiri akan datang bersamaan dengan Windows 10 yang diberikan secara gratis bagi pengguna yang sudah menggunakan Windows 7 dan Windows 8.


(tyo/ash)