CTB Locker, Malware Penyandera yang Minta Tebusan

Jakarta - Beberapa waktu lalu, dunia bawah tanah Indonesia mengenal Cryptolocker sebagai malware yang menyandera data komputer korbannya dan meminta uang tebusan dalam bentuk bitcoin. Dan kini sejarah berulang dengan munculnya CTB Locker yang menyebar mimpi buruk yang sama.

CTB Locker dalam tiga hari terakhir sangat marak menyebar di Indonesia dan memakan korban ribuan komputer yang datanya terenkripsi.


Jika Anda bertanya-tanya mengapa malware ini dinamakan CTB adalah karena ciri khasnya. CTB adalah singkatan dari Curve, Tor, Bitcoin. Curve karena metode enkripsi yang digunakan adalah teknik kriptografi kurva elips yang secara teknis lebih efisien dari kriptografi konvensional.


Tor adalah metode komunikasi yang digunakan memanfaatkan TOR The Onion Router dan Bitcoin karena metode pembayaran ransom yang menggunakan mata uang Bitcoin.



Gambar 1: CTB Locker menyandera data komputer yang diinfeksinya.


Menurut beberapa kasus yang ditemukan oleh Vaksincom di Indonesia, malware ini pada awalnya datang dalam bentuk email yang mengandung lampiran dan ekstensi yang akan aktif menjalankan aksi adalah .scr yang jika dijalankan akan membuka file wordpad guna mengelabui korbannya.Next


(ash/ash)