4G Indosat Fokus di Tempat Wisata

Jakarta - Sempat mengaku malu saat meluncurkan layanan 4G-nya beberapa waktu lalu, nyatanya Indosat tetap akan berekspansi. Setelah Jakarta, kota lain yang bakal disambangi 4G Indosat adalah Yogyakarta dan Bali pada Q1 2015.

Namun kehadiran 4G LTE di kedua kota tersebut tak akan serta merta hadir di semua wilayah, melainkan tempat-tempat tertentu saja. Permintaan dan potensi bisnis jadi pertimbangan apakah sebuah daerah akan kebagian jaringan 4G Indosat.


"Kita akan kasih di tempat yang potensinya tinggi seperti tempat wisata dan pusat belanja," ujar Adrian Prasanto, Division Head Public Relation Indosat saat ditemui di Makassar, Jumat (23/1/2015).


Indosat juga memastikan bahwa mereka akan melakukan ekspansi besar-besaran ke jaringan 4G LTE saat frekuensi 1.800 MHz bisa digunakan untuk teknologi telekomunikasi generasi keempat tersebut.


Mereka memilih tak memaksakan diri karena dalam jaringan 900 MHz kecepatan maksimal yang bisa didapat hanya 35 Mbps, sementara dengan jaringan 3G berteknologi U900 dan DC-HSPA+ diklaim tembus sampai 42 Mbps.


"Why we should launch quickly? Toh, kecepatan maksimum 4G LTE ini cuma 35 Mbps karena semua pakai 5 MHz. Speed-nya lebih pelan dari 3G, malu bos. Kalau dengan 5 MHz saja tak mungkin lebih cepat dari 3G yang sudah 42 Mbps," pungkas Alexander Rusli, CEO Indosat, dalam kesempatan lain.


(asj/ash)