Apple Caplok Startup Musik Semetric

Jakarta - Apple mengakuisisi Semetric, sebuah startup penyedia layanan pelacak musik Musicmetric. Akuisisi perusahaan yang berbasis London itu diduga sebagai persiapan raksasa Cupertino itu dalam meluncurkan layanan streaming musik miliknya, Beats Music.

Kabar tersebut muncul manakala awal Januari 2015 lalu alamat Semetric terdaftar berada di 100 New Bridge Street di London, di mana alamat itu merupakan kantor dari badan hukum Baker & McKezie yang juga terdaftar sebagai alamat dari Apple Europe Ltd.


Kuasa hukum senior Apple, Gene Levoff telah ditunjuk sebagai Direktur Semetric. "Apple membeli perusahaan teknologi kecil dari waktu ke waktu dan kami biasanya tidak membahas tujuan atau rencana kami," ujar Apple dalam pernyataannya seperti dikutip detikINET dari The Guardian, Rabu (21/1/2015).


Musicmetric sendiri pertama kali dirilis pada tahun 2008 sebagai cara bagi label musik dan partner dari industri lain untuk melacak data penjualan, download BitTorrent, dan jaringan statistik sosial bagi artis mereka.


Selain dikenal sebagai perusahaan analisis musik, Semetric juga dikenal sebagai perusahaan yang menganalisis program televisi, film, game, dan juga eBook. Tidak dijelaskan berapa nilai akuisisi tersebut.


(fyk/fyk)