Awal Era Robot dan Rumah Pintar

Jakarta - Perkembangan teknologi semakin pesat dan hal-hal yang semula dibayangkan hanya impian sudah menjadi kenyataan. Tahun 2015 ini diprediksi menjadi awal era robot, rumah pintar sampai masyarakat pintar.

Hal itu terungkap dalam riset Ericsson ConsumerLabs yang dilakukan pada pemilik smartphone usia 15 sampai 69 tahun di kota seperti Johannesburg, London, San Francisco sampai Sydney. Salah satu tren yang akan terjadi adalah, orang lebih banyak melakukan streaming online ketimbang menonton televisi.


"Tahun 2014 kemarin adalah tahun terakhir di mana orang lebih banyak menonton siaran televisi dibanding streaming online. Tahun ini, orang akan lebih banyak nonton streaming video di internet ketimbang siaran televisi," kata Thomas Jul, Presiden Direktur Ericsson Indonesia di Jakarta, Kamis (22/1/2015).


Tren lainnya adalah adopsi rumah pintar akan semakin marak. Smartphone akan banyak digunakan mengontrol aktivitas di rumah tangga seperti mengawasi aliran air sampai mengetahui siapa orang yang keluar masuk.


Berikutnya, cara baru berkomunikasi makin canggih. Para responden menyatakan penggunaan perangkat wearable akan semakin tinggi. Bahkan dipercaya, pikiran manusia bisa mengendalikan perangkat rumah tangga di masa depan.


Kemudian masyarakat akan kian cerdas. Dalam survei, sekitar 76% responden menginginkan punya peta untuk menunjukkan apakah suatu area padat atau tidak sehingga memudahkan perjalanan. Kemudian 66% responden menginginkan smartphone bisa dipakai untuk menganalisis kebersihan air.


Era RobotNext


(fyk/ash)