Pengguna iPhone vs Android, Cerdas Siapa?

Jakarta - Memang tidak bisa diukur secara pasti siapa lebih cerdas, pengguna iPhone ataukah Android. Tapi studi di Amerika Serikat ini mengindikasikan, pemakai iPhone cenderung lebih pintar dari pengguna Android.

Dikutip detikINET dari DailyMail, Jumat (23/1/2015), penelitian yang dilakukan biro iklan Chitika di Negeri Paman Sam itu menemukan pengguna iPhone dengan jumlah terbesar terpusat di negara bagian Alaska, Montana dan Vermont. Nah, ketiga negara bagian tersebut memiliki persentase terbesar orang yang lulus kuliah.


Sedangkan negara bagian New Mexico, Iowa dan Delaware memiliki persentase pengguna iPhone terkecil, lebih banyak pengguna Android. Dan secara kebetulan di ketiga negara bagian tersebut, mereka yang lulus kuliah lebih sedikit.


Studi lain mengungkap hal yang kurang lebih serupa. Riset dari Ladbrokes misalnya, menguji ribuan pengguna smartphone dengan beberapa tes. Pengguna iPhone paling cepat menyelesaikan soal, hanya butuh waktu 94 detik sedangkan pengguna BlackBerry paling lambat dengan waktu 118 detik.


Di posisi kedua adalah pengguna Google Nexus dengan waktu 99 detik. Diikuti pengguna Samsung, pengguna HTC dan di belakangnya pemakai Nokia.


Sebenarnya juara pertama diraih seorang pengguna Samsung, namun secara keseluruhan, rata-rata waktu seluruh pengguna Samsung untuk menyelesaikan tes adalah 103 detik.


Namun tentu saja riset tersebut tak sepenuhnya benar. Seperti diakui sendiri oleh Chitika bahwa penelitiannya tidak komprehensif. Soalnya tidak sampai memetakan sampai wilayah-wilayah lebih kecil, hanya sebatas negara bagian. Dan belum tentu juga lulusan universitas pasti lebih pintar dari mereka yang tidak lulus.


(fyk/ash)