Trafik Data Indosat Diklaim Melesat

Makassar - Dengan implementasi teknologi U900 dan dual carrier-high speed data access (DC-HSPA+), kecepatan jaringan internet Indosat bisa menembus 42 Mbps. Dan hal ini membuat lalu lintas data Indosat meningkat pesat.

Sejak Indosat memperbarui jaringannya itu, trafik data mereka meningkat sampai 300%. Itu dikatakan oleh Rosna, Head of Sales Area Makassar kepada detikINET di Makassar, Kamis (22/1/2015).


Namun peningkatan lalu lintas data itu tak serta merta membuat jumlah pengguna layanan telepon dan SMS menurun. Layanan jadul itu masih mempunyai tempat tersendiri di kalangan pelanggan Indosat.


"Meski tak menurun, jumlah pengguna layanan voice dan SMS terbilang stabil," imbuh Adrian Prasanto, Division Head Public Relation Indosat pada kesempatan yang sama.


Peningkatan lalu lintas data itu berasal dari pengguna aktif layanan 3G Indosat di Makassar yang berjumlah di atas 100 ribu pelanggan.


Dari sekitar 54,2 juta pengguna Indosat di Indonesia, hanya sekitar 10% dari angka tersebut yang berasal dari area Sulawesi, Maluku, dan Papua. Sementara mayoritas pengguna Indosat masih berasal dari pulau Jawa dan Sumatera.


(asj/ash)