Memanfaatkan Video Analytic untuk Deteksi Banjir

Jakarta - Jakarta sering kali terancam banjir dan permasalahan musiman lainnya yang membuat warga Jakarta mau tidak mau menerima hal tersebut sebagai bagian dari kehidupan sehari-hari.

Berbagai macam teknologi dapat diterapkan untuk membantu pemerintah menanggulangi bencana banjir di kota Jakarta dan mengantisipasi bencana alam lainnya dengan lebih baik, salah satunya adalah dengan pemanfaatan video analytic.


Bencana banjir tahunan yang melanda kota Jakarta menelan banyak kerugian, baik material maupun non material. Salah satu bencana banjir terbesar yang dialami oleh kota Jakarta adalah Banjir Jakarta 2007, yang diperkirakan memakan korban sedikitnya 80 jiwa, dan diperkirakan mengakibatkan kerugian material sebesar Rp 4,3 triliun.


Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) memperkirakan bahwa musim penghujan kali ini akan mencapai puncaknya pada minggu ketiga bulan Januari 2015.


Sebagai persiapan untuk menghadapi kemungkinan datangnya banjir, Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama telah melakukan pertemuan dengan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono dan Kepala BNPB Syamsul Ma'arif, untuk mengkaji persiapan Jakarta dalam menghadapi banjir.


Video Analytics


Video Analytics atau disebut juga sebagai Video Content Analysis (VCA) secara sederhana merupakan proses komputerisasi dan analisa atas video. Next


(ash/ash)