Modernisasi, Internet Indosat di Makassar Tembus 42 Mbps

http://us.images.detik.com/content/2015/01/22/328/isat.jpgRosna, Head of Sales Area Makassar Indosat.


Makassar - Indosat telah memodernisasi jaringan selulernya di Makassar, Sulawesi Selatan. Dengan teknologi U900 dan DC-HSPA+, kecepatan maksimal yang bisa dicapai dengan jaringan baru tersebut bisa tembus 42 Mbps.

Modernisasi jaringan itu sebenarnya sudah mulai dilakukan pada Oktober 2014. Saat itu, anak usaha Ooredeoo itu sudah meng-upgrade base transceiver station (BTS) yang tersebar di 386 lokasi.


"Modernisasi ini sudah dilakukan sejak Oktober 2014 lalu. Yaitu di BTS yang tersebar di sejumlah lokasi dari Makassar, Gowa, Takalar, Bulukumba, Maros, sampai Selayar," ujar Rosna, Head of Sales Area Makassar Indosat di Makassar, Kamis (22/1/2015).


Dan jumlah itu akan terus ditingkatkan oleh Indosat, agar semakin banyak daerah yang ter-cover oleh BTS berteknologi dual carrier high speed packet access (DC-HSPA+).


"Sejak bulan Oktober lalu kami terus meningkatkan jumlah lokasi BTS tersebut, dan pada bulan Januari ini, jumlah lokasinya sudah bertambah jadi sekitar 400 lokasi," tambah Rosna.


Tahapan modernisasi di Indosat ada dua, yakni mengganti perangkat agar single Radio Access Network (RAN) sehingga bisa menjalankan 2G, 3G, bahkan 4G. Berikutnya diikuti tahap refarming alias frekuensi 900 MHz bisa digunakan untuk 3G.


Sebelumnya, modernisasi jaringan ini sudah dilakukan Indosat di sejumlah kota besar Indonesia, seperti Jabodetabek, Bandung, Yogyakarta, Padang, dan Palembang.


(asj/ash)