Wuss... 4G LTE di Ponsel Bisa Tembus 450 Mbps

Singapura - Seberapa cepat akses data yang pernah dirasakan pengguna di Indonesia saat menjajal 4G LTE? Apakah 1 Mbps, 5 Mbps, atau 10 Mbps? Harusnya sih, dengan teknologi terbaru ini kecepatan akses yang kita rasakan bisa tembus sampai 450 Mbps. Apa bisa?

Secara teori, 450 Mbps untuk download dengan 4G LTE sebenarnya mungkin-mungkin saja. Asalkan, operator seluler pemilik lisensinya menggunakan lebih dari satu kanal frekuensi dengan agregasi kanal alias carrier aggregation.


Syaratnya, untuk mendapatkan kecepatan akses 450 Mbps, operator harus pakai tiga spektrum gabungan. Misalnya 10 MHz + 10 MHz + 20 MHz, dan kemudian handsetnya menggunakan chipset LTE yang sudah Cat. 9 untuk carrier aggregation.


"Snapdragon 810 sudah dukung Cat. 9 untuk carrier aggregation yang bisa 450 Mbps. Sementara di Snapdragon 805 cuma 300 Mbps karena baru Cat. 6," kata Peter Carson, Senior Director Marketing Qualcomm kepada detikINET di Singapura.


Sayangnya, Indonesia saat ini baru menggunakan satu spektrum saja di 900 MHz dengan lebar pita cuma 5 MHz. Baru di pertengahan 2015 nanti kita bisa menggunakan carrier aggregation ketika 4G LTE di 1.800 MHz resmi dikomersialisasikan.


"Tidak masalah meskipun Indonesia baru 5 MHz. Itu persis ketika DoComo (Jepang) dan AT&T (Amerika Serikat) pertama kali menggelar 4G. Nanti juga bisa makin cepat begitu bisa carrier aggregation dengan LTE Cat.6 atau Cat.9," jelas Peter.


LTE Cat. 6 sudah mendukung transfer data hingga kecepatan 300 Mbps untuk downlink dan 50 Mbps untuk uplink. Namun, dengan dukungan LTE Cat. 9 di chipset terbaru Qualcomm, kecepatan yang dihadirkan bisa lebih tinggi lagi, yaitu hingga 450 Mbps di downlink dan 50 Mbps untuk uplink.Next


(rou/ash)