Snapdragon 810 Baru Rilis, Qualcomm Sudah Godok Snapdragon 820

Jakarta - Padahal baru segelintir ponsel yang menggunakan prosesor Snapdragon 810. Tapi Qualcomm telah menyiapkan penerus prosesor andalannya itu dengan sebutan Snapdragon 820. Sejumlah improvisasi pun siap memanjakan konsumen.

Seperti Snapdragon 810, calon prosesor kelas atas Qualcomm itu juga mengandalkan teknologi octa core. Namun chip grafisnya bakal menggunakan generasi baru yang hadir dengan nama Adreno 530. Sebagai informasi, Snapdragon 810 ditandem dengan chip grafis Adreno 430.


Tapi tak cuma itu peningkatannya, seperti detikINET kutip dari Ubergizmo, Rabu (21/1/2015), dari informasi yang beredar Snapdragon 820 terlihat juga telah mendukung penggunaan RAM jenis low power DDR4. Dibandingkan LPDDR3, jenis RAM DDR4 memang menjanjikan transfer data yang lebih cepat. Sehingga performa ponsel secara keseluruhan bakal meningkat.


Sayangnya sejauh ini belum diketahui berapa kecepatan clock yang akan diusungnya. Meski sangat mungkin tak akan jauh berbeda dari yang ada sekarang yakni 2,5 GHz.


Selain itu waktu rilisnya kemungkinan juga masih lama. Mungkin malah bisa baru diumumkan Qualcomm pada tahun 2016 nanti.


Karena bila diluncurkan tahun 2015 ini, menurut analis, akan terjadi aksi tunggu dari produsen ponsel. Jadi yang tadinya ingin merilis ponsel jagoannya dengan prosesor Snapdragon 810, malah bisa memilih menunggu kehadiran Snapdragon 820.


(yud/ash)