Inilah Sosok yang Bikin Xiaomi Dilanda 'Hujan Uang'

Jakarta - Akhir tahun lalu, Xiaomi berhasil mengumpulkan dana hingga USD 1,1 miliar atau sekitar Rp 14 triliun. Nilai yang membuat Xiaomi menjadi startup termahal itu, tak lepas dari sentuhan pria ini.

Namanya Richard Ji, saat ini dia menjabat sebagai Managing Director of All-Stars Investment, salah satu investor yang menyuntikkan dananya untuk Xiaomi. Dan Ji adalah aktor yang berhasil membawa 'hujan uang' untuk kawan lamanya tersebut.


Ya, Richard Ji dan CEO Xiaomi Lei Jun sudah menjalin hubungan sejak Xiaomi masih memulai menjual smartphone pertamanya. Saat itu Jun datang ke Ji dengan semangat membawa Xiaomi sebagai 'pembunuh' vendor atas.


"Perusahaan ini memliki produk dan model bisnis yang berbeda dan berpotensi untuk mengganggu produsen yang sudah ada. Mereka ini adalah pemenangnya," kata Ji, kepada Reuters dan detikINET kutip, Jumat (23/1/2015).


Hanya tiga tahun setelah menjual ponsel perdananya, Xiaomi langsung melesat dengan nilai perusahaan sebesar USD 45 miliar. Dengan rencana ekspansi ke segmen televisi dan konten. Target mereka pun tinggi, menjungkalkan Samsung sang penguasa pasar.


Jun yang dianggap sebagai 'imam' di Xiaomi menyerahkan mandatnya ke Ji untuk menggalang dana. Pertemanan yang beberapa tahun terjadi ini pun berakhir manis.


Ji sendiri menolak untuk memberikan nama investor yang menggelontorkan dananya, tapi dia mengatakan setengah uang datang dari perusahaan terkemuka di Asia dan sisanya dari pemimpin bisnis TI.


"Fokus kia sebetulnya adalah perusahaan yang berpotensi melakukan IPO pada dua sampai tiga tahun mendatang," tandasnya.


(tyo/ash)