Panasonic Ikutan Bikin Headset Virtual Reality

Jakarta - Era virtual reality memang sudah di depan mata. Headset seperti Gear VR besutan Samsung, misalnya, sudah mulai dipasarkan. Sejumlah perusahaan teknologi lain pun tak mau ketinggalan membuat produk serupa, tak terkecuali Panasonic.

Seperti diketahui, belakangan semakin banyak perusahaan teknologi berlomba menghadirkan headset virtual reality ala mereka untuk konsumen. Google dengan proyek Cardboard-nya, atau Oculus yahg sudah lebih dulu memunculkan penasaran publik mengenai virtual reality.


Panasonic, seperti detikINET kutip Ubergizmo, Senin (16/2/2015), baru-baru ini memamerkan prototipe headset virtual reality mereka di sebuah event di Jepang. Jelas tampaknya Panasonic bersiap terjun juga di pasar perangkat baru ini.


Prototipe headset virtual reality Panasonic punya display OLED yang menampilkan sudut pemandangan 90 derajat. Dibenamkan pula kamera omnidirectional yang bisa menangkap video 75 frame per detik. Fitur lainnya adalah ear hook yang jika melihat desainnya, akan lebih mudah dipakai dibandingkan Oculus Rift dan Gear VR.


Kamera omnidirectional di prorotipe ini punya tujuh sensor image yang memungkinkannya untuk merekam video dan foto dari semua arah. Kedengarannya konsep ini memang mirip seperti proyek Beyond milik Samsung. Prototipe ini juga bisa menampilkan gambar yang mengikuti pergerakan kepala si pengguna.


Bedanya, headset virtual reality Panasonic tidak dibuat berpasangan dengan smartphone seperti Gear VR atau headset virtual reality yang ditandem dengan G3. Namun Panasonic sendiri belum menyebutkan jenis konten virtuak apa yang nantinya akan mendukung perangkat barunya ini.


Menariknya, Panasonic menyebutkan ingin agar teknologi virtual realitynya bisa digunakan secara satu arah dan bisa memamerkan kemampuannya di ajang seperti Tokyo Olympic Games di 2020 mendatang.


(rns/rou)