Bidikan Terakhir Steve McCurry dengan Kodachrome




Salah satu foto yang diposting di blog McCurry (McCurry)


Jakarta - Film berwarna Kodachrome sudah dihentikan produksinya oleh Kodak pada tahun 2009 silam. Nah, fotografer legendaris Steve McCurry memiliki kesempatan memakai roll terakhir film ini di mana sebagian besar hasil bidikannya itu sekarang bisa dinikmati di blognya.

Sebelumnya, National Geographic memang telah mempublish video dokumenter yang menampilkan proses McCurry memakai roll tersebut.


PetaPixel melaporkan, salah satu kru dari majalah bergengsi itu mengikuti perjalanan McCurry dalam mendokumentasikan 36 frame terakhirnya.


Namun kini, tak hanya lewat video, pecinta foto juga sudah bisa menikmati foto –foto itu di blog wordpress Steve McCurry sendiri. Dari mulai foto Robert DeNiro, hingga portrait bintang-bintang Bolywood bisa ditilik di sini.


Dikutip dari Dpreview, Senin (9/2/2013), pria yang dikenal dengan cover Afghan Girl-nya ini selama perjalanan karirnya telah memotret sebanyak lebih dari 800.000 foto dengan roll tersebut.


Dalam video dokumenter besutan NG, McCurry sempat mengatakan, "Saya menginginkan chapter terakhir di Kodachrome," tukasnya kala itu. Blog Steve McCurry sendiri bisa dikunjungi di link berikut.


( sha / ash )


Tetap update informasi di manapun dengan http://m.detik.com dari browser ponsel anda!