Nokia Rajai Penjualan Ponsel Windows




Lumia 920 (Ist)


Washington - Jika dulu Nokia identik dengan Symbian, kini vendor ponsel asal Finlandia itu menjadi pemasok utama smartphone berbasis Windows. Nokia saat ini tercatat mendominasi penjualan ponsel Windows dengan seri Lumia-nya.

Data pemakaian dari AdDuplex, jaringan iklan untuk Windows Phone, mengindikasikan Nokia mengontrol sekitar 78% pasar OEM platform besutan Microsoft tersebut.


AdDuplex mendapatkan kesimpulan ini berdasarkan kumpulan data dari 294 aplikasi di jaringannya. Hasil survei dilakukannya dari penelusuran beberapa minggu lalu. Memang, data tersebut mungkin kurang akurat merepresentasikan tren pasar, namun setidaknya, memperlihatkan sedikit gambaran pasar smartphone Windows.


Sebelumnya, seperti dikutip dari XbitLabs, Selasa (12/2/2013), Nokia secara resmi mengumumkan kesuksesannya menjual empat juta unit smartphone Lumia pada kuartal keempat tahun lalu.


Sumber lain berdasarkan keterangan analis Canalys menyebutkan ada 5,1 juta handset berbasis Windows Phone terjual di kuartal IV 2012. Jika informasi dari Nokia dan Canalys benar, maka Nokia punya 'porsi kue' 78% dari semua ponsel Windows yang dikapalkan tahun lalu.


Meski demikian, jika berbicara pasar smartphone secara keseluruhan, platform mobile Microsoft tersebut masih kalah populer. Hingga saat ini Android dan iOS masih mendominasi. Nokia bersaing ketat dengan BlackBerry untuk berada di posisi ketiga.


( rns / ash )


Tetap update informasi di manapun dengan http://m.detik.com dari browser ponsel anda!