Versi 'BM', BlackBerry Z10 Lebih Mahal Ketimbang iPhone 5




BlackBerry Z10 (Ash/inet)


Jakarta - BlackBerry Z10 black market 'BM' yang masuk ke pasar Indonesia dibanderol sangat tinggi dibanding harga aslinya. Bahkan, harga Z10 versi BM ini lebih mahal saat pertama kali iPhone 5 masuk ke pasar gelap.

Sekadar perbandingan, saat iPhone 5 BM masuk ke Tanah Air, dijual rata-rata Rp 10 juta. Sedangkan BlackBerry Z10 dipasang paling murah Rp 11 juta dan bisa mencapai Rp 14 juta di Jakarta.


Sebagai tambahan, iPhone 5 versi 16GB yang dijual resmi pada akhirnya dibanderol Rp 8 juta berarti ada selisih sekitar Rp 2 juta. Nah, diperkirakan BB Z10 dihargai Rp 7 jutaan yang artinya selisihnya bisa mencapai Rp 4-7 juta.


Kendati harganya lebih mahal hingga nyaris separuh harga aslinya, toh tak menyurutkan konsumen di Indonesia membelinya.


"Di Batam, BB10 laris manis. iPhone 5 langsung tumbang. Saya ambil Rp 11 juta. Sementara di Jakarta Rp 14 juta. Tadi saya kirim beberapa unit ke Jakarta. Jual Rp 12,5 juta merem. Lumayan untungnya," klaim salah seorang pedagang di Batam kepada detikINET, Jumat (15/2/2013).


Ia sendiri mengaku tak tahu dari mana sumber barang itu berasal. Namun diduga, handset Z10 ini bocoran barang dari Singapura. Dalam kotak handsetnya, tertulis garansi 2 tahun dengan stempel distributor Immotech.


Memang bila dibandingkan dengan iPhone 5 atau produk Apple pada umumnya diterapkan garansi internasional, yang artinya bisa saja diklaim di Indonesia walaupun dibeli di luar negeri.


Sedangkan penjualan BlackBerry di Indonesia dilakukan dengan mekanisme melalui mitra distributor resmi yang ditunjuk oleh principal BlackBerry. Kendati demikian, importrir yang ingin memasok BlackBerry dari luar negeri tetap bisa dan sah asal mengantongi izin.


( tyo / ash )


Tetap update informasi di manapun dengan http://m.detik.com dari browser ponsel anda!