Mengenang Jadulnya Photoshop 1.0




Jakarta - Adobe Photoshop pertama kali hadir di tahun 1990. Belum banyak aplikasi sejenis pada saat itu, makanya program pengolah grafis ini terbilang cukup revolusioner di masanya.

Versi perdana Photoshop dibuat oleh programer bergelar PhD jebolan University of Michigan, Thomas Knoll, pada tahun 1988. Ia membuat aplikasi ini lewat Macintosh Plus miliknya yang masih menggunakan warna hitam putih.


Setelah beberapa bulan akhirnya aplikasi pengolah gambar itu lahir. Awalnya, aplikasi ini ingin diberi nama ImagePro, namun karena sudah ada lebih dulu pihak yang memakai maka lahirlah Photoshop.


Hasil karya Knoll itu menuntun ia menemui Apple dan Adobe untuk membicarakan masalah lisensi. Setelah sepakat, Adobe pun membeli aplikasi tersebut dari Knoll dan secara ekslusif dirilis perdana untuk Mac pada tahun 1990.


Kini, Photoshop sudah mengalami perubahan yang sangat signifikan. Versi terbaru aplikasi ini masuk dalam sebuah paket aplikasi yang disebut Creative Suite 6.0 yang sudah rilis untuk Mac dan Windows sekitar Agustus 2012 lalu.


Tak ingin melupakan masa lalunya yang penuh cerita. Adobe pun ingin mengabadikan versi perdana Photoshop dengan menyebarkan source code apliaksi tersebut di blog Computer History Museum. Nah, berikut adalah beberapa screenshot dari aplikasi jadul tersebut.



Ini adalah tampilan utama Photoshop. Di bagian kiri terlihat beberapa tools yang bisa dipakai untuk mengolah gambar.



Photoshop memungkinkan pengguna untuk memilih jenis kuas berserta ukuran dan teksturnya.



Dari versi awal sudah ada beberapa tools canggih yang bisa digunakan. Namun salah satu fitur itu ada yang hilang, kemudian hadir lagi di tahun 1994 yakni fungsi untuk membagi sebuah gambar menjadi beberapa lapisan (multiple layer).



Halaman preferensi, untuk melakukan kustomisasi sejumlah fitur.



Di versi perdana Photoshop sudah ada pilihan beberapa jenis huruf, tapi tentu tidak sebanyak dibanding versi-versi terakhir.



Installasi Adobe Photoshop yang masih menggunakan disket 3.5"


( eno / ash )


Tetap update informasi di manapun dengan http://m.detik.com dari browser ponsel anda!