iTunes, Tambang Emas Terbesar Keempat Apple




Apple iTunes (Ist.)


Jakarta - Bisnis iTunes milik Apple terus bertumbuh. Menurut analis Asymco, Horace Dediu, Apple mengumpulkan sebanyak USD 13,5 miliar pada tahun 2012 dari bisnis ini sehingga membuatnya menjadi bisnis terbesar mereka yang keempat.

Dediu mengatakan bahwa iTunes memiliki pertumbuhan rata-rata lebih dari 30% selama 2 tahun terakhir ini. Angka yang patut mendapat sanjungan.


Dari USD 10,2 miliar penjualan yang dibukukan pada tahun 2011, angka ini naik menjadi USD 13,5 miliar di tahun 2012. Di lain sisi, di saat iTunes menyumbangkan penjualan yang baik pada perusahaan, lini Mac dan iPod diberitakan memberikan kontribusi yang lebih sedikit.


Dikutip dari Cnet, Rabu (14/2/2013), masih menurut prediksi Dediu, iTunes berkemungkinan 'naik level' menjadi bisnis ketiga terbesar Apple. Selain iTunes, bisnis lain yang juga berkembang lebih baik daripada lini Mac adalah jajaran Accessories, di mana Apple TV termasuk di dalamnya.


"Jika dilihat secara terpisah, penggabungan iTunes dan Accessories adalah bisnis yang lebih besar dalam term pendapatan dari semua vendor ponsel kecuali Samsung, pungkas Dediu.


( sha / ash )


Tetap update informasi di manapun dengan http://m.detik.com dari browser ponsel anda!