Program Jahat Kembali Menyerang Pengguna Mac




ilustrasi (ist)


China - Beberapa waktu lalu pengguna Mac sempat dihebohkan dengan trojan yang menyerang sistem operasi tersebut. Kini serangan sejenis kembali terjadi, hal ini dialami sejumlah pengguna Mac di China.

Hingga saat ini memang tak banyak virus yang berkeliaran untuk Mac. Meski demikian, pengguna harus tetap waspada karena setiap saat ancaman terhadap sistem operasi tersebut selalu ada.


Jika dulu ada kasus menghebohkan Trojan yang menginfeksi ratusan ribu Mac, kini kasus serupa kembali terjadi. Tapi untungnya dengan skala yang lebih kecil.


Malware yang baru-baru ini menyerang Mac disinyalir masuk lewat lubang yang terdapat pada Microsoft Word. Program jahat ini juga tergolong lihai, karena sama sekali tidak membutuhkan akses administrator untuk menjalankan aksi nakalnya.


Celah pada Microsoft Word untuk Mac sendiri sejatinya sudah diketahui cukup lama, bahkan Microsoft sudah merilis patch tersebut pada bulan Juni 2009. Namun karena para pengguna di Uyghur, Provinsi Xin Jiang, China tidak melakukan update maka masih menjadi sasaran empuk para penjahat cyber.


Seperti dikutip detikINET dari Sophos, Minggu (17/2/2013), kasus seperti ini sebenarnya bisa terjadi di mana saja di luar China. Untuk itu para penguna Mac disarankan agar melakukan update secara rutin agar bisa menghindari serangan tersebut.


( eno / rou )


Tetap update informasi di manapun dengan http://m.detik.com dari browser ponsel anda!