Tips Aman Kencan Online di Hari Valentine




Ilustrasi (bolddigitalmedia)


Jakarta - Semakin mendekati hari Valentine, hubungan yang romantis pasti begitu diidamkan banyak orang. Namun bagaimana bagi mereka yang single, mencoba peruntungan ke situs kencan mungkin bisa menjadi pertimbangan.

Namun tentu saja, Anda tetap harus waspada saat mencari cinta di dunia maya. Berbagai ancaman online tetap mengintai para pengguna internet.


Mulai dari penyebaran virus, phising (pencurian informasi), hingga beragam bahaya digital yang mempermainkan emosi dan kepercayaan pengguna, bisa menjadi ancaman.


Tentunya situasi ini dapat dihindari dengan menanamkan akal sehat dan pengetahuan, di samping tetap mengandalkan perangkat lunak keamanan.


Effendy Ibrahim, Norton Internet Safety Advocate Director untuk wilayah Asia, memberikan saran kepada pengguna untuk mengambil tindakan pencegahan ketika mencari cinta secara online. Ini tipsnya:


1. Sampai kepercayaan didapatkan, jagalah hati Anda

Jangan pernah mengungkapkan data pribadi seseorang sampai Anda bertemu tatap muka dan yakin Anda dapat mempercayai mereka. Jangan memberikan alamat lengkap Anda, cukup nama kota atau nama belakang Anda.


2. Tetapkan tanggal berkencan dengan cerdas

Gunakan mesin pencari untuk memastikan tanggal potensial yang mereka katakan. Bahkan pencarian tanpa hasil seringkali dapat menjadi petunjuk bahwa orang tersebut tidak sepenuhnya jujur.


3. Buatlah standar tinggi pada situs yang dikunjungi

Sama seperti Anda menetapkan standar yang tinggi untuk tanggal, lakukan hal yang sama untuk situs-situs yang Anda kunjungi.


Tetaplah berpegang pada situs yang kredibel dan carilah tanda centang hijau di samping nama (sebelum Anda klik di atasnya) untuk memverifikasi bahwa itu terjamin.


Selain itu, huruf 'HTTPS' pada address bar menunjukkan bahwa bentuk atau halaman Anda berada pada posisi aman untuk mengirim informasi pribadi.


4. Waspada terhadap aplikasi cinta dan bahaya mobile lainnya

Penawaran layanan mobile gratis seperti tes kecocokan atau pesan SMS horoskop dengan teman kencan Anda mungkin tampak seperti cara yang menyenangkan untuk menghabiskan waktu, sampai akhirnya Anda menemukan biaya yang tersembunyi.


Layanan ini juga dapat menutupi jaringan iklan yang agresif, dikenal sebagai 'madware', yang menjual data pribadi dan juga memborbadir Anda dengan promosi seperti stalker yang tidak diinginkan.


5. Cinta adalah medan perang, persenjatailah diri dengan tepat.

Sebagai garis pertama pertahanan terhadap penipuan online, gunakan perangkat lunak keamanan di komputer dan perangkat mobile dengan solusi yang terjamin kemampuannya.


Para penjahat dunia maya yang lebih canggih dari sebelumnya, membuat mereka akan melompat pada setiap tren sosial seperti kencan online, untuk menyebarkan malware dan mencuri informasi pribadi Anda.


( ash / sha )


Tetap update informasi di manapun dengan http://m.detik.com dari browser ponsel anda!